73.561 Jiwa Masyarakat Kalteng Didaftarkan Program JKN-KIS

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagai wujud dukungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terhadap pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS). Maka sebanyak 73.561 jiwa masyarakat Kalteng bakal dijamin kesehatannya melalui program JKN-KIS tersebut

Adanya jaminan kesehatan bagi masyarakat Kalteng sebesar itu ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara Kedeputian Wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara (Kaltimtengseltara) BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tentang kepesertaan program jaminan kesehatan nasional bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah, Kamis (07/02/2019) di Hotel Neo Palangka Raya.

Penandatanganan perjanjian dilakukan langsung oleh Benjamin Saut PS selaku Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara BPJS Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dengan dukungan nyata yang telah diberikan terhadap pelaksanaan program JKN-KIS ini.” jelas Benjamin usai penandatanganan tersebut. 

Dengan dukungan Pemerintah Provinsi Kalteng ini jelasnya, maka dapat mendorong kabupaten dan kota untuk segera mendorong terwujudnya Universal Health Coverage (UHC). Sehingga, di tahun 2019 ini, diharapkan Kalimantan Tengah bisa mendapatkan gelar UHC.

Sementara itu Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan, adanya jaminan kesehatan itu merupakan dukungan secara langsung yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng, dalam hal ini dari Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran kepada program JKN-KIS. 

Disebutkan Fahrizal, Pemrov Kalteng di tahun 2019 ini setidaknya akan menggelontorkan sebesar Rp25 Miliar,  untuk membayarkan iuran KIS kategori III

“Ini merupakan bentuk perhatian  gubernur kepada masyarakat yang ada di Provinsi Kalteng terkait jaminan kesehatan,”tuturnya lagi. 

Adapun berdasarkan siaran pers dari Kedeputian Wilayah Kaltimtengseltara, hingga  1 Februari 2019 jumlah peserta JKN-KIS di Provinsi Kalteng mencapai angka 2.068.272 jiwa. 

Selain itu untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta, BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Kaltimtengseltara bekerja sama dengan 363 fasilitas kesehatan yang terdiri dari 200 puskesmas, 76 dokter praktek, 34 klinik pratama, 26 klinik TNI dan POLRI, 6 dokter gigi, 1 klinik utama dan 20 rumah sakit yang tersebar di wilayah provinsi Kalimantan Tengah. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan