Wilayah Tangkiling akan Dijadikan Wisata Agro

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah akan membuat objek wisata baru berupa wisata agro di wilayah Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

Lahan yang dibutuhkan untuk menunjang wisata agro ini cukup luas lebih dari 500 hektare. Lahan seluas itu merupakan milik masyarakat, sedangkan tugas dinasnya hanya memfasilitasi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Guntur Talajan melalui Sekretarisnya Mimi mengatakan saat ini dinasnya masih tahap pengurusan izin untuk wisata agro.

Mimi menjelaskan konsep wisata agro nantinya akan banyak jenis tumbuhan dan buah-buhan yang ditanam oleh masyarakat, namun diprioritaskan adalah buah lokal.

“Untuk mewujudkan wisata agro ini ada mekanisme yang kita lewati dan butuh proses seperti butuh penyiapan lahan. Kalau tidak salah lahannya lebih 500 hektare,” ucap Mimi, Selasa (19/12/2017).

Mimi menjelaskan nantinya para pemilik lahan di Tangkiling yang mau dijadikan wisata agro akan dikoordinir oleh salah satu orang atau wirausahawan.

Niat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah yang akan membuat wisata agro ini atas hasil kaji banding kebeberapa daerah. Dimana wisata agro cukup diminati.

“Jadi tidak ada salahnya Kalimantan Tengah, khususnya Palangka Raya juga membuat wisata agro,” ucapnya. Jika rencana ini sukses, nantinya para wisatawan yang berkungjung ke wisata agro dengan mudah untuk mendapatkan buah lokal.

Para wisatawan bisa memetik langsung buah yang disukai. Mimi menambahkan konsep wisata agro ini sangat menguntungkan petani, karena mereka tidak perlu lagi menjual buahnya ke pasar. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan