Wilayah I Jekan Raya Dilayani 26 Operator Penjemput Sampah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Terkelolanya dengan baik sampah di Kota Palangka Raya tidak terlepas dari aktifnya para operator roda tiga dalam mengambil sampah dari rumah ke rumah warga.

Hampir setiap hari para operator mengambil sampah dari hasil produksi rumah tangga. Biasanya operator mengambil sampah setelah terbenamnya matahari untuk distok ke depo.

Di depo kemudian sampah dipilah untuk didaur ulang, sedangkan sampah yang tidak bisa didaur ulang diangkut menggunakan truk ke tempat pembuangan akhir (TPA) Jalan Tjilik Km 14.

Operator sampah ini jumlahnya ada puluhan, sedangkan khusus untuk Wilayah I Kecamatan Jekan Raya ada 26 orang dan jumlah operator diperkirakan terus bertambah seiring padatnya penduduk.

Karena itu Kepala UPT Pengelolaan Sampah Terpadu Kecamatan Jekan Raya Wilayah I, Rendro Rismae Riyadi menghimbau kepada masyarakat untuk berlangganan jemput sampah dengan operator.

Menurutnya dengan berlangganan jemput sampah sangat memudahkan warga, karena tidak perlu lagi membuang sampah ke tempat penampungan sementara (TPS).

Meski begitu ada biaya yang dibebankan kepada warga yang berlangganan. Soal besar kecilnya tarif jemput sampah tergantung operator yang menentukan.

Hanya saja Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya mewajibkan retribusi pungut sampah dari operator sebesar Rp3.000 setiap bulan. (MC. Iseng Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan