Wali Kota Pastikan Kenaikan Komoditas Tidak Mengganggu

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sejumlah komoditas kebutuhan pokok di pasar tradisional Palangka Raya secara perlahan merangkak naik, terlebih mendekati puasa Ramadhan. Pun demikian menurut  Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia, meskipun ada kenaikan barang pokok kebutuhan masyarakat tersebut, namun tidak akan mempengaruhi atau menggangu   perekonomian secara umum.

“Ya, saya ada  mendapati informasi tentang  kenaikan harga pada beberapa komoditas utama. Tapi saya yakin hal tersebut tidak sampai menggangu daya beli maupun ekonomi masyarakat,” ujar Riban, Senin (7/5/2018).

Menurutnya, kalaupun ada kenaikan sejumlah komoditas dipasaran, akan  tetapi secara umum kenaikan tersebut tidak dengan harga melambung tinggi.

Terpenting adalah stok atau ketersediaan termasuk distribusi di pasar harus tetap ada. Jangan sampai ada kelangkaan yang bisa menyulitkan masyarakat,” ucapnya lagi.

Ditambahkan, selama ini setiap adanya kenaikan harga komoditas  kebutuhan pokok di pasaran memang tidak dapat dihindari, terlebih setiap mendekati hari besar keagamaan. 
Karenanya, kenaikan yang selalu  terjadi pada kondisi tersebut, masih bersifat wajar. Kalaupun naik tidak sampai signifikan dan memberatkan masyarakat. Namun, bila itu terjadi, tentu pemerintah secara umum akan cepat melakukan langkah-langkah kebijakan ekonomi.

“Ya, ini bisa dikatakan ibarat iklim saja, karena mendekati bulan puasa, harga pasti naik. Akan tetapi kenaikan masih bisa  terkendali. Jadi, masyarakat jangan panik menyikapinya,” tutur Riban, seraya mengatakan, bila masyarakat panik, salah-salah dimanfaatkan banyak pihak, seperti spekulan-spekulan yang semaunya menaikkan harga komoditas barang. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan