SOPD Harus Lakukan Upaya Preventif Cegah Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya, Umi Mastikah meminta kepada satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) kompak melakukan tindakan preventif untuk meminimalisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Menurutnya upaya preventif cukup ampuh untuk mencegah terjadinya Karhutla. Ia tidak ingin musibah Karhutla paling parah terjadi pada 2015 terulang lagi di 2018.

Imbauan ini disampaikan Umi Mastikah saat memimpin rapat membahas kondisi Karhutla yang dilaksanakan di Ruang Peteng Karuhei I, Senin (8/10/2018).

Ia mengharapkan SOPD teknis rutin memantau titik api. Bila ada lahan yang terbakar harus cepat dipadamkan, sehingga tidak meluas ke lahan milik orang lain.

Menurutnya upaya preventif bisa dilakukan tidak hanya melibatkan SOPD teknis atau vertikal lainnya, tapi bisa juga menggandeng lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan para relawan.

Dalam rapat ini wakil walikota juga menampung dua usulan dari Airnav Indonesia Cabang Palangka Raya yang mengusulkan dibuatkan Peraturan Daerah tentang Kawasan Penerbangan di wilayah Bandara Tjilik Riwut.

Kemudian Airnav Indonesia juga mengusulkan agar ketinggian kubah masjid di wilayah Kota Palangka Raya yang terlalu tinggi agar bisa direndahkan sedikit, karena bisa mengganggu aktivitas penerbangan. (MC. Isen Mulang/ foto : Prokom/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan