Selama Lebaran, Kubikasi Sampah Meningkat Hingga 20 Persen

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya, M Alfath menyebutkan, jumlah kubikasi sampah mengalami peningkatan selama lebaran hingga pasca lebaran Idulfitri 1440 Hijriyah.

“Selama lebaran dan pasca lebaran ada kenaikan dari jumlah kubikasi di kota Palangka Raya. Puncaknya pada H+1 dan H+2 Idulfitri. Ada 10 hingga 20 persen kenaikan jumlah sampah,” sebut Alfath, Senin (10/6/2019)

Tidak hanya itu kata dia, ritase pengangkutan sampah juga bertambah. Dimana biasanya hanya dua ritase dalam sehari, maka selama lebaran meningkat hingga empat ritase.

Untungnya tambah dia, jika tim Disperkim dilapangan telah melakukan persiapan jauh hari sebelum lebaran. Terlebih dengan adanya sejumlah depo mini di beberapa titik telah cukup mengcover tumpukan sampah di Palangka Raya.

“Ada 23 depo mini yang telah beroperasi, dan ternyata mampu mengcover kenaikan kubikasi sampah kita.,” jelasnya.

Adapun jenis limbah sampah selama lebaran ini jelas Alfath, kebanyakan adalah jenis sampah organik. Mulai dari sampah rumah tangga berupa sampah kelapa, buah-buahan, makanan, hingga sayuran yang memang menjadi kebutuhan utama masyarakat selama lebaran.

“Kelurahan Pahandut dan Kelurahan Jekan Raya pada tahun ini memproduksi sampah paling banyak selama Ramadan dan lebaran tahun ini,” bebernya

Kenapa demikian imbuh Alfath, lebih dikarenakan di dua kecamatab itu kepadatan penduduknya tinggi dan juga banyak kegiatan usaha yang menjadi faktor penyumbang sampah. (MC. Isen Mulang.1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan