RSUD Palangka Raya Masih Kekurangan 280 Tenaga Kesehatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Mulai tahun 2019 pelayanan kesehatan yang diberikan RSUD Palangka Raya akan lebih optimal setelah diperbanyaknya ruang rawat inap pasien.

Hanya saja untuk mewujudkan pelayanan optimal tersebut perlu didukung sumber daya manusia (SDM) yang cukup. Saat ini total tenaga kesehatan RSUD Palangka Raya hanya sekitar 120 orang.

Sedangkan menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dr Andjar Hari Purnomo untuk mendukung operasional RSUD Palangka Raya harus didukung minimal 400 tenaga kesehatan.

Jadi rumah sakit milik Pemerintah Kota Palangka Raya ini masih kekurangan sekitar 280 tenaga kesehatan seperti dokter, bidan, perawat, apoteker, dan lainnya. 

Masih kurangnya tenaga kesehatan di RSUD Palangka Raya ini disampaikan dr Andar saat mendampingi anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya yang melakukan kunjungan kerja ke rumah sakit tersebut, Jumat (27/7/2018).

Menanggapi kekurangan SDM pada rumah sakit tersebut, maka Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Mukarramah menyarankan kepada dinas kesehatan untuk menarik sebagian pegawai di puskesmas agar bisa ditempatkan di RSUD Palangka Raya.

Solusi kedua pihak dinas disarankan untuk merekrut tenaga kontrak atau hononer pada 2019. Dua solusi tersebut perlu dilakukan untuk menutupi kekurangan SDM rumah sakit, karena sampai saat ini belum ada penerimaan calon pegawai negeri sipil. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan