PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

MEDIA CENTER, Palangka Raya – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng), memastikan pasokan listrik jelang Idulfitri 1440 Hijriyah di Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Kalimantan Tengah dalam kondisi aman.

General Manager PLN UIW Kalsel-Teng, Sudirman dalam siaran persnya mengatakan, jika berdasarkan trend setiap tahunnya menjelang hari raya Idulfitri, Beban Puncak (BP) akan mengalami penurunan.

Diprediksi beban puncak pada hari H Idulfitri nanti, mencapai 996 Mega Watt (MW), atau mengalami penurunan sebesar 12% dibandingkan dengan beban puncak pada kondisi normal. Sehingga dengan Daya Mampu (DM) pembangkit yang tersedia mencapai 1.351 MW dan cadangan daya sebesar 355 MW, sangat cukup untuk melayani kebutuhan listrik pelanggan.

“Dengan adanya cadangan daya sebesar 355 MW, kami pastikan suplay listrik untuk masyarakat saat Idul Fitri nanti dalam kondisi aman , baik H-7 dan H+7 akan terpenuhi,”jelasnya, Sabtu (1/6/2019).

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, untuk mengurangi gangguan jaringan distribusi listrik akibat Force Majeure seperti hujan, sambaran petir, pohon roboh, gangguan hewan serta benda asing lainnya yang menyentuh jaringan distribusi, sehingga berpotensi terjadinya gangguan suplay listrik, maka PLN sudah melakukan upaya Predictive Maintenance.

Predictive Maintenance itu dilakukan melalui kegiatan pemeliharaan jaringan listrik secara terpadu, berupa perintisan pohon dan melakukan pemeriksaan jaringan distribusi dengan mengganti peralatan distribusi.

“Sekaligus dilakukan penyetelan ulang terhadap peralatan yang berada di lokasi rawan gangguan,”ungkapnya.

Ia menambahkan, meskipun sudah melakukan berbagai upaya agar suplai listrik tetap terjaga, tidak menutup kemungkinan faktor alam yang tidak bisa diprediksi dan dikendalikan akan menyebabkan terganggunya suplai listrik. (MC. Isen Mulang.1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan