Pemko Siap Cegah Ancaman Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio menegaskan, pemerintah kota (Pemko) Palangka Raya bersama dengan masyarakat siap melakukan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Upaya tersebut seperti telah dibentuk Tim Satgas Karhutla yang merupakan bentuk serta struktur pengendalaian karhutla di Kota Palangka Raya.

“Pencegahan karhutla di Kota Palangka Raya, pada umumnya  sama dengan kabupaten lain di Kalteng,  kita sudah siap dan nanti garis koordinasinya dilakukan dengan pihak Kodim selaku koordinator Tim Satgas Karhutla di Kota Palangka Raya,” tegas Mofit, usai menghadiri rapat koordinasi (Rakor) pencegahan, penanggulangan karhutla se Kalteng, Selasa (12/3/2018), di Swiss Bel Hotel Danum Palangka Raya.

Menurut  Mofit, penanganan terhadap pencegahan karhutla selama ini juga terus dilakukan, baik melalui sosialisasi, pengawasan hingga kesiapan tim pencegahan.

“Selain itu  untuk memperkuat penanganan, maka diperlukan pula dukungan anggaran melalui APBD 2018. Alokasi anggaran ini disiapkan  sebagaimana penanganan tahun sebelumnya, sesuai dengan perintah bapak gubernur,”ucapnya.

Ditambahkan Mofit, dalam menghadapi ancaman karhutla di tahun 2018 ini, Pemerintah Kota Palangka Raya, setidaknya telah menyiapkan anggaran tidak kurang dari 2 Miliar.

Sebelumnya dalam rakor karhutla,  Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengingatkan, agar pemerintah kabupaten/kota jangan cepat puas dengan keberhasilan pencegahan karhutla pada tahun-tahun sebelumnya.

“Tingkat kemarau tentu berbeda, antisipasi harus tetap dilakukan. Ini sejalan dengan perintah Presiden, agar setiap provinsi yang rawan karhutla mampu memastikan upaya pencegahan secara maksimal di wilayah kerjanya masing-masing,”pintanya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan