Pemko Palangka Raya Salurkan 150 Sapi Kurban

MEDIA CENTER, Palangka Raya -Menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah yang diperkirakan jatuh pada tanggal 22 Agustus ini, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, kembali menyalurkan bantuan hewan qurban. Kali ini 150 ekor sapi disalurkan untuk masjid dan mushola, serta organisasi kemasyarakatan yang ada di Palangka Raya.

Penyaluran sapi kurban tersebut dilakukan secara simbolis oleh Walikota Palangka Raya HM Riban Satia bersama wakilnya Mofit Saptono Subagio serta Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Senin (20/8/2018), di rumah potong hewan (RPH) di Kelurahan Tanjung Pinang Kecamatan Pahandut Palangka Raya.

Kabag Kesra Setda Kota Palangka Raya, Abramsyah, dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan penyaluran 150 ekor sapi kurban tersebut akan dilaksanakan selama dua hari, yakni dari 20-21 Agustus 2018. 

Sapi-sapi kurban yang dipersiapkan ini, semuanya didatangkan dari luar daerah, seperti NTB dan NTT, dimana berat, rata-rata per ekor berkisar  230-250 kilogram.

Seluruh sapi kurban yang disiapkan telah memenuhi syarat dan kriteria, mengingat sudah melalui tahap pengecekan kesehatan oleh tim gabungan, yakni Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta tim dari Kemenag kota. 

“Kita telah menyortir banyaknya permintaan dari masjid, mushola, langgar atau surau yang mencapai 212 permohonan. Akan tetapi ditahun ini kita prioritaskan daerah pinggiran dulu,” cetusnya

Sementara itu Walikota Palangka Raya HM Riban Satia mengatakan, untuk jumlah sapi kurban yang disiapkan pemko tahun ini lebih banyak bila dibanding tahun-tahun sebelumnya. Namun disadari dari 150 ekor sapi kurban yang disiapkan, masih belum mampu memenuhi permintaan atau usulan hewan kurban.

“Apabila masjid, atau mushola yang tahun-tahun sebelumnya sudah pernah menerima bantuan sapi, maka untuk sementara belum bisa dipenuhi dulu permintaannya, karena harus bergiliran,” pungkas Riban. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan