PDAM Palangka Raya Diharap Jadi Primadona Penyedia Air Bersih

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Rojikinnor, berharap agar Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Palangka Raya bisa menjadi kontributor terbaik dalam hal penyediaan air bersih. 

Karenanya berbagai kendala maupun tantangan yang dihadapi perusahaan daerah milik Pemerintah Kota Palangka Raya tersebut, diharap pula mampu teratasi.

“Ini menjadi tantangan bagaimana PDAM bisa hadir menjadi kontributor air bersih terbaik di Palangka Raya,” ungkapnya, pada acara pencanangan program penyehatan PDAM Kota Palangka Raya, Selasa (16/10/2018), di Palangka Raya.

Kata Rojikinnor, hingga saat ini masih banyak masyarakat maupun pelaku usaha jasa, restoran, rumah makan bahkan perhotelan yang masih mengandalkan sumur bor sebagai sumber penyediaan air bersih. Padahal mereka inilah kata dia seharusnya bisa diarahkan untuk menjadi konsumen PDAM.

“Bisa saja diberlakukan wajib menggunakan air PDAM. Bila ini mampu dilakukan maka akan menambah pendapatan PDAM itu sendiri. Namun ini bisa terwujud sepanjang PDAM mampu mengimbangi dengan kualitas air,” cetusnya.

Lanjut Rojikinnor, problem yang kerap dihadapi oleh PDAM Palangka Raya, adalah berkenaan dengan kurangnya kemampuan dalam hal peningkatan kualitas air. Sehingga kondisi ini kerap menjadi pertimbangan konsumen untuk mau beralih menggunakan air PDAM dan lebih memilih mengandalkan sumur bor.

“Maka itulah kita berharap PDAM bisa membangun managemen dalam hal peningkatan kualitas. Setidaknya bisa mencontoh PDAM Kota Banjarmasin ataupun PDAM Jakarta, dimana ketersediaan air bersih yang berkualitas menjadikan PDAM disana sebagai primadona,” tuturnya.

Rojikin pun berharap dengan adanya program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Bidang Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) yang selama ini memberikan bantuan manajemen dalam rangka penyehatan PDAM, maka akan mampu melakukan perubahan dalam berbagai segi pelayanan dan peningkatan kualitas PDAM kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan