Panwaslu Ajak Media Turut Pantau Pilkada Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palangka Raya mengadakan sosialisasi pengawasan pemilu partisipasi pemilihan walikota dan wakil walikota 2018, pemilu DPR, DPD, DPRD, pemilu presiden dan wakil presiden 2019.

Sosialisasi yang diikuti belasan wartawan dari berbagai media ini diselenggarakan di Hotel Luwansa, Jalan G Obos, Kota Palangka Raya, Kamis (16/11/2017).

Dalam sosialisasi ini Ketua Panwaslu Kota Palangka Raya, Endrawati mengajak media turut berperan aktif melakukan pengawasan. Sebab media masa memiliki fungsi pemberi informasi. Pers juga terlibat dalam mengawal jalannya pemilu yang demokratis.

“Peranan pers harus tetap terjaga dan ditingkatkan demi kepentingan nasional,” katanya. Dalam pengawasan Pilkada, Panwaslu mengutamakan strategi pencegahan untuk meminimalisasi pelanggaran dari pada melakukan penindakan pelanggaran.

“Pencegahan hanya bisa dilakukan dengan peran pers di dalamnya. Berbagai informasi yang disampaikan media akan membuat khalayak semakin peduli pada pelaksanaan pemilu. Dengan begitu akan muncul partisipasi aktif masyarakat, terutama untuk mencegah adanya pelanggaran pemilu. Tanpa pers, semua akan sia-sia,” jelasnya.

Berkaca dari itulah Panwaslu perlu meningkatkan keterlibatan aktif media masa dalam proses pengawasan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. “Media menjadi elemen penting penyalur informasi dari penyelenggara pemilu dan Pilkada. Bahkan pers terkadang menjadi sumber inspirasi bagi pemegang kebijakan dalam mengambil langkah strategis dan signifikan,” bebernya.

Endrawati berharap kehadiran pers dalam peranannya terhadap pelaksanaan Pilkada dapat mempertahankan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum, memperjuangkan keadilan, dan kebenaran.

“Netralitas peran media masa juga sangat diperlukan untuk menunjang jalannya Pilkada. Kami berharap proses Pilkada dan pemilu berjalan sukses dan aman,” tuturnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan