Palangka Raya Ekspor Perdana Tangkai Sapu ke Taiwan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Melimpahnya sumber daya alam (SDA) kayu di Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya tidak disia-siakan oleh PT Panca Aras Akselerasi Tov.

Setelah beberapa kali melalukan uji coba pembuatan produk tangkai sapu (wooden handle) akhirnya PT Panca Aras Akselerasi Tov sukses untuk mencoba memasarkan ke luar negeri.

Tujuan ekspor wooden hendle sebanyak 17.768 M3 atau satu kontainer ini adalah Negara Taiwan. Acara pengiriman ekspor perdana ini pun dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban, Senin (25/9/2017).

Juga hadir Kabid Ekspor Impor pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Tengah, Adi Suseno. Launching ekspor tangkai sapu ini dilakukan di pabrik PT Panca Aras Akselerasi Tov di Jalan Tjilik Riwut Km 23,5 Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

Ekspor kayu olahan ini dilakukan melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan kemudian transit di Pelabuhan Tanjung Perak, Subaraya, Jawa Timur, setelah itu baru dikirim langsung ke Taiwan.

Dipilihnya Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, karena menurut Direktur PT Panca Aras Akselerasi Tov, Petrus Gunawan di wilayah Kalimantan Tengah belum ada pelabuhan yang setiap saat bisa melakukan pengiriman ekspor.

Jika pun ada, butuh waktu berhari-hari, bahkan tidak ada kepastian, sehingga membuat biaya lebih mahal, karena harus barang menginap di pelabuhan. Jadi alternatifnya pengusaha dari Kalimantan Tengah memilih Pelabuhan Trisaksi Banjarmasin untuk melakukan ekspor.

Sementara itu Aratuni Djaban menyambut baik dengan adanya ekspor tangkai sapu ke Taiwan ini. Menurutnya tangkai sapu ini adalah produk kedua selain sumpit dari Palangka Raya yang bisa diekspor ke luar negeri.

“Sebagai orang pemerintahan, saya menyambut baik adanya ekspor ini, karena dengan adanya ekspor ini sudah barang tentu akan memberikan multi player effect. Salah satunya memberdayakan tenaga kerja lokal dan perekonomian daerah juga akan meningkat,” tuturnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan