Meski Musim Penghujan, Distribusi Komoditas Pokok di Palangka Raya Lancar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ada kekuatiran bila harga komoditas kebutuhan pokok mengalami kenaikan dipasaran, terutama seiring dengan datangnya musim penghujan.

Kenapa demikian?, sebab kenaikan harga akan didasarkan dari pendistribusian atau pasokan barang komoditas yang lambat masuk, karena akses jalan yang terendam banjir dan berbagai faktor lainnya.

Pun demikian menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Palangka Raya, Ikhwanudin, hingga saat ini stok bahan pokok masih aman dan harga barang pokok juga masih pada posisi normal.

“Memang kita akui bahan pokok di Kota Palangka Raya ini mayoritas masih pasokan dari luar daerah. Tetapi untuk saat ini kondisinya masih aman, harga tetap normal, bahkan pendistribusiannya diharap lancar,” ucapnya, Senin (26/11/2018).

Harus diakui lanjut Ikhwanudin, faktor yang menyebabkan kelangkaan bahan pokok hingga berimbas naiknya harga, bisa dikarenakan proses pendistribusian barang komoditas yang terkendala. Seperti terkendala banjir, ombak yang tinggi sampai kepada terputusnya akses jalan yang digunakan.

“Sampai saat ini bahan pokok masih normal. Seperti bahan makanan, masih belum mengalami kenaikan.
Mudah-mudahan pengaruh cuaca dan banjir tidak mempengaruhi distribusi kebutuhan pokok yang masuk ke Kota Palangka Raya,” harapannya.

Pihaknya pun tambah Ikhwanudin akan melakukan pengecekan ketersediaan dan harga bahan pokok di pasaran yang ada di Palangka Raya. 
Hanya saja nantinya pengecekan dilakukan berkala dan sesekali secara tiba-tiba. Tujuannya untuk mengontrol dan mengantisipasi pengaruh keterlambatan distribusi, dikarenakan pengaruh musim hujan.

“Salah satunya sidak ke pasar yang ada, guna memastikan pasokan dan pendistribusian serta harga bahan pokok masih dalam kondisi aman dan normal,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan