Meminimalisir Kegandaan Pemilih

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019, maka berbagai upaya dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat bersama KPU daerah. Salah satunya adalah program gebyar gerakan melindungi hak pilih (GMHP), yakni berupa kegiatan pengecekan daftra pemilih tetap (DPT) di setiap kelurahan yang dilakukan serentak se-Indonesia.

Komisioner KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah, mengatakan, kegiatan tersebut adalah langkah awal meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 mendatang, selain itu juga untuk meminimalisir kegandaan DPT.

“Hari ini adalah program cek DPT, dan ini dilakukan diseluruh Indonesia, tujuannya untuk memastikan seluruh masyarakat sudah terdaftar menjadi pemilih tetap. Sekaligus upaya KPU untuk meminimalisir kegandaaan pemilih,” ucapnya saat memantau langsung pelaksanaan GMHP di  Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, Rabu (17/10/2018).

Kata Ngismatul, yang terlihat dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diantaranya, permasalahan data pemilih yang kerap ganda termasuk juga data pemilih yang sudah meninggal namun masih terdaftar dalam DPT, karena pihak keluarga tidak melaporkan. 

“Makanya, dengan kegiatan hari ini kita bisa menjaring dan sekaligus bisa memperbaiki masalah masalah tersebut,” bebernya.

Ngismatul menambahkan, evaluasi dari kegiatan GMHP melalui pengecekan DPT ini nantinya akan bisa dilihat hasil akurasinya pada 28 Oktober ini. Pun demikian diharapkan setiap RT/RW untuk membantu mensosialisasikan kepada warganya agar mengecek DPT-nya, dengan begitu peningkatan partisipasi masyarakat akan meningkat.

“Kita optimis peningkatan partisipasi pemilih di Palangka Raya pada pemilu 2019 ini bisa mencapai 70 persen lebih, bila semua berjalan lancar,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Palangka Raya, Murni D Djinu yang datang meninjau kegiatan program pengecekan DPT di Kelurahan Bukit Tunggal mengatakan, pastisipasi masyarakat yang masih minim ialah kesadaran dalam hal administrasi kependudukan. Setiap tahun permasalahan itulah yang menjadi tantangan semua pihak.

Sebab itu kata dia, dengan adanya kegiatan GMHP diharapkan mampu mendongkrak partisipasi masyarakat untuk suksesnya pileg dan pilpres 2019. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan