Kompleks Perumahan Jalan Bandeng II Dijadikan Kampung Biopori

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya menjadikan komplek perumahan di Jalan Bandeng II sebagai kampung biopori.

Launching kampung biopori ini ditandai dengan penanaman pipa paralon yang didesain sebagai media resapan air di Jalan Bandeng II, Kelurahan Bukit Tunggal, Senin (25/6/2018).

Proyek perubahan ‘Peri Kembar’ pencegahan kerusakan lingkungan melalui kampung biopori dengan berbasis partisipas masyarakat ini diprakarsai oleh Nopariani, pegawai DLH Kota Palangka Raya.

Tujuan proyek perubahan ini untuk terlaksananya kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan melalui partisipasi masyarakat dengan pembuatan satu kawasan biopori.

Adapun manfaat program ini adalah masyarakat telah teredukasi dengan adanya sosialisasi tentang lubang resapan biopori dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membuat lubang resapan biopori.

Kemudian meningkatkan sumber daya manusia dalam mencegah kerusakan lingkungan dan meningkatkan peran masyarakat dalam menggunakan teknologi ramah lingkungan.

Nopariani mengatakan di kawasan perumahan Jalan Bandeng II ini ada 70-an lubang biopori yang sudah dibuat. Kedalaman biopori sekitar 50 centi meter.

Acara launching kampung biopori ini selain dihadiri warga sekitar juga dihadiri Lurah Bukit Tunggal Heri Fauzi dan istri Wakil Walikota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan