Kerajinan Rotan Khas Palangka Raya Bisa Jadi Produk Unggulan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dari beragam macam produk kerajinan bernilai kearifan lokal di Kota Palangka Raya, maka kerajinan berbahan dasar rotan dinilai memiliki potensi  menjadi produk kerajinan unggulan.

Seperti pada event Palangka Raya Fair 2018, tampak sejumlah stand-stand UMKM  memajang hasil produk kerajinan rotan berupa tas, topi, sandal, keranjang dan lain-lain. Bentuk olahannya pun sangat unik, cantik dan menarik, sehingga banyak para pengunjung singgah sekedar melihat dan tidak sedikit yang tertarik membeli.

“Kerajinan tangan berbahan rotan, bila dikembangkan dapat menjadi produk unggulan bagi Kota Palangka Raya,”ungkap Timoteus Nusan yang merupakan pemerhati sosial, seni- budaya Kalteng, saat ditemui disela berkunjung ke arena pameran Palangka Raya Fair, Minggu malam (26/8/2018)  

Selama ini kata dia, masih banyak kelompok pengrajin bahkan UMKM yang menghasilkan produk kerajinan berbahan rotan untuk dipasarkan. Hanya saja disayangkan, para penggelut usaha kerajinan ini tidak memiliki “bapak angkat” alias minim dukungan dalam hal pengembangan termasuk permodalan.

Padahal, upaya inovasi kerajinan rotan yang dilakukan para penggelutnya, terus berkembang guna mengikuti selera jaman. Itu dapat dilihat dari motif, maupun seni olahnya agar bisa memikat pasar. 

Terlepas dari itu semua, maka  yang diperlukan para pengiat usaha kerajinan ini adalah selain pemerintah harus kuat dalam melakukan pemberdayaan, disisi lain peran pelaku dunia usaha, seperti mall ataupun mini market dan swalayan harus  bisa memberi tempat serta membantu pengembangannya.

“Jadi tidak hanya sebatas ada kegiatan pameran kerajinan ini baru terlihat. Namun selepas itu, perlu ada terobosan dan bantuan dari banyak pihak dalam tindak lanjut lain,”cetus Timoteus yang juga merupakan staf pengajar di Universitas Palangka Raya ini. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan