KAMMI Deklarasikan Relawan Kebhinekaan Indonesia

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Provinsi Kalimantan Tengah mendeklarasikan Relawan Kebhinekaan Indonesia (RKI) di Tugu Soekarno, Kota Palangka Raya, Selasa (7/8/2018) pukul 17.00 WIB.

Acara deklarasi yang dimulai dari pukul 15.00 WIB ini juga diikuti oleh kader KAMMI dan puluhan mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di Kota Palangka Raya. 

Sebelum ada deklarasi, kegiatan tersebut diawali dengan tilawah Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, hymne KAMMI, orasi pemuda, deklarasi RKI, dan penutupan.

Ketua Umum PD KAMMI Palangka Raya, Hasan Anwar mengatakan latar belakang dibentuknya RKI karena belakangan ini adanya ancaman terhadap rasa Bhineka Tunggal Ika sesama anak bangsa yang dilakukan secara gencar dan masif baik melalui media sosial maupun secara langsung demi tercapainya kepentingan kalangan tertentu.

“Kebhinekaan sebagai pondasi bangsa Indonesia dicabik-cabik dengan perilaku mengkotak-kotakan masyarakat berdasar agama dan ras. Mirisnya mereka mengatasnamakan agama untuk memecah belah anak bangsa,” tuturnya. 

Beragam peristiwa memicu keresahan. Masih ada pihak yang menyulut kemarahan atau minimal menyebar ketakutan masyarakat. Akhirnya, mereka meninggalkan akar bersatunya rakyat yaitu kemajemukan atau keberagaman.

Oleh karena itu KAMMI menyampaikan harus dibangun kesadaran bersama bahwa anak-anak bangsa generasi muda harus semakin erat dalam persaudaraan karena bangsa Indonesia dibangun oleh yang namanya perbedaan dan keberagaman. 

Jadi melalui RKI itulah diharapkan bisa mewujudkan kebhinekaan yang sejati di Indonesia, khususnya di Bumi Tambun Bungai, Kalimantan Tengah.

Sebelumnya deklarasi RKI juga sudah dilaksanakan dibeberapa daerah seperti Banten, NTT, Sulawesi Utara, dan DKI Jakarta. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan