IPAL Berbasis Masyarakat Tunjang Ketersediaan Air Bersih

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin meninjau sekaligus meluncurkan Instalasi Pengelolaan Limbah (IPAL) yang ada di Jalan Sakan VIII, Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya,  

“IPAL ini salah satu program  pelayanan dan infrastruktur yang diluncurkan hari ini, selain Bank Sampah Induk yang juga diluncurkan seiring pelayanan publik 100 hari kerja efektif Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya saat ini,” ucapnya, usai peluncuran dan meninjau sarana IPAL, Senin (4/2/2019).

Dijelaskan Fairid, IPAL yang berada di Jalan Sakan tersebut dibangun berupa sanitasi berbasis masyarakat (sanimas) yakni dalam bentuk instalasi pengolahan air limbah komunal perpipaan. Dimana dananya bersumber dari APBN melalui Satuan Kerja (Satker) PS-PLP Provinsi Kalimantan Tengah.

“Dengan dibangunnya sanitasi berbasis masyarakat ini diharapkan dapat menunjang keperluan masyarakat akan air bersih,” harapnya. 

Dalam bagian lain lanjut Fairid, minat masyarakat terhadap air bersih hasil IPAL ternyata sangat tinggi. Seperti halnya IPAL di Jalan Sakan ini kata dia, sudah banyak warga yang memanfaatkan instalasi tersebut, bahkan akan terus bertambah.

“Bagusnya IPAL yang ada di Jalan Sakan ini, dirancang dengan baik, dimana ada tersedia ruang bermain anak maupun untuk kegiatan- kegiatan umum, selain fungsi utamanya membantu ketersediaan air bersih” tuturnya.

Tambah Fairid, program IPAL tersebut juga merupakan wujud nyata dari komitmen Pemerintah Kota Palangka Raya untuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakat Kota Palangka Raya.

Adapun dalam peninjauan dan peluncuran IPAL tersebut turut dihadiri Wakil Walikota Palangka Raya Hj. Umi Mastikah dan sejumlah jajaran OPD maupun Forkopimda lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan