Hadapi Karhutla, Damkar Palangka Raya Siapkan 2/3 Personil

MEDIA CENTER, Palangka Raya –  Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Anwar Sanusi Umanur Gayo mengatakan, dalam menghadapi  terjadinya karhutla dimusim kemarau tahun ini  personil damkar kini terus  standby.

Seperti kebakaran lahan yang muncul di kawasan Jalan G Obos XIV, dimana personil damkar, bahu membahu bersama dengan personil dari tim BPBD, TSAK, TNI dan Polri, guna menjinakkan api yang membakar area lahan di kawasan Jalan G Obos tersebut.

“Karena dilakukan bersama, maka api pun bisa dipadamkan, dan hanya menyisakan debu serta kepulan asap diarea lahan seluas 2 hektar,” tutur Anwar, Jumat (24/8/2018)

Dalam menghadapi musim kemarau ditahun ini, lanjut Anwar, personil damkar selalu menjadi backup bersama tim karhutla lainnya, sekaligus menjadi leading sektor membantu BPBD dalam penanganan karhutla.

“Setidaknya dua pertiga dari kekuatan personil damkar disiagakan terkait karhutla ini. Sedangkan sisanya stay guna mengantisipasi jika terjadi kebakaran di pemukiman warga,” ungkapnya.

Harus diakui lanjut Anwar, selama ini peralatan yang dimiliki damkar Palangka Raya memang dirancang untuk mengatasi kebakaran perumahan yang ada di pemukiman maupun perkotaan .

Maka itulah, manakala terjadi karhutla, maka peralatan damkar hanya mampu melakukan pemadaman dengan jarak 100 meter saja dari jalan. “Bila sudah berada diarea lahan yang menjorok kedalam area lahan maka akan kesulitan,” tandas Anwar.

Pun demikian tambah Anwar, secara personil, memiliki kemampuan untuk terus membantu melakukan pemadaman secara intens terhadap area terjadinya karhutla. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan