Gubernur Kalteng Pimpin Apel Siaga Karhutla.

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagai upaya antisipasi pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) diwilayah Provinsi Kalimantan Tengah, maka diperlukan kesiapan semua komponen, baik pemerintah maupun masyarakat.

Sebagai upaya kesiapan mencegah terjadinya karhutla tersebut Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran memimpin langsung apel siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan, Rabu (25/7/2018), di halaman Kantor Gubernur Kalteng

Apel tersebut diikuti instasi perangkat daerah (PD) dan unsur Forkopimda lingkup Pemprov Kalteng, serta  lembaga pemadam kebakaran, balakar, BPBN dan unsur terkait lainnya.

Dalam arahannya gubernur mengatakan, apel siaga dilaksanakan sebagai bagian untuk melihat sejauhmana kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan tahun ini.

“Kemarau tahun ini  lebih kering dibandingkan tahun lalu. Sebab, kondisi cuaca 2016 dan 2017 cenderung tidak terlalu kering. Sehingga  kemarau tahun ini berpotensi  terjadinya karhutla,” jelasnya.

Dikatakan, dengan telah ditetapkannya status siaga darurat beberapa waktu lalu, maka fungsi komando, koordinasi dan pelaksanaan penanganan karhutla diharapkan bisa berjalan cepat dan efektif. 

“Kita minta kabupaten dan kota agar tidak lengah dengan kondisi cuaca yang terjadi saat ini,” paparnya.

Adapun dalam apel siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan tersebut juga ditandai dengan mempertunjukan 2 unit helikopter water bombing yang berputar-putar di atas langit Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan