GERMAS Mengajak Masyarakat Membudidayakan Hidup Sehat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup, semua dimulai dari keluarga karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat dalam membentuk kepribadian.

Dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Pemerintah Kota Palangka Raya menyusun Panduan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dijadikan acuan bagi pimpinan daerah, pimpinan institusi dan masyarakat, perguruan tinggi dan dunia usaha untuk mengawali dan melaksanakan kegiatan Germas di lingkup tempat dan tanggung jawab masing-masing.

Dalam sosialisasi dan persiapan pembentukan Forum Komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, bertempat di Aula Rahan Pumpung Hapakat Bappeda Kota Palangka Raya, Jumat (19/10/2018). Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dr. Andjar Hari Purnomo menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan merupakan instansi teknis yang menangani GERMAS  dan sesuai pembentukan organisasi pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 yang mengacu pada Pusat dan Provinsi dalam pembentukannmekanismeya, dan untuk leading sektor forum komunikasi di bawah instansi Bappeda Kota Palangka Raya dan diharapkan dalam waktu dekat segera terbentuk yang melibatkan OPD sesuai tugas pokok dan fungsi terkait Germas.

Dikatakan Andjar bahwa esensi atau fungsinya adalah bahwa germas ini adalah milik bersama, hal-hal yang mengandung hajat hidup orang banyak baik masalah kesehatan, pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama.

Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudidayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat. (MC. Isen Mulang/Iin/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan