Forkes Solusi Satpo PP Palangkan Raya Dalam Tegakkan Perda

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pada bulan November 2018 lalu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palangka Raya telah membentuk Forum Kemitraan Stakeholder (Forkes).

Menurut Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Yohn Benhur Gohan Pangaribuan, dengan  dibentuknya Forkes tersebut, maka akan menjadi solusi pihaknya dalam melaksanakan tugas.

“Forkes menjadi solusi yang bertujuan melakukan pembinaan terhadap  hal-hal yang berpotensi melanggar peraturan daerah (Perda), ungkapnya, Minggu (16/12/2018).

Dikatakan, secara fungsinyanya maka Forkes yang telah terbentuk berorientasi untuk lebih mengedepankan bidang bimbingan masyarakat (Binmas). 

“Melalui forum ini anggota Pol PP  dalam melaksanakan tugas, lebih mengedepankan tindakan persuasif dan humanis. Bagusnya Forum ini akan mengurangi pelaksanaan tugas bidang Trantib dan Gakperda,”tutur Benhur.

Dia pun berharap, setiap unsur yang masuk dalam Forkes, seperti unsur  pemerintah, masyarakat secara umum ataupun para pelaku usaha, maka dapat  saling berkonsultasi dan berkoordinasi.

“Ya, sebut saja jika ada masalah, maka  tidak mesti harus dilakukan melalui tindakan namun bisa dibicarakan melalui Forkes. Itulah sebabnya kita pakai  slogan “Linmas Berdaya, Satpol PP Berjaya,”sebutnya.

Sekarang ini tambah Benhur , pihaknya melalui Bidang Binmas terus melakukan sosialisasi, sehingga masyarakat terutama para pelaku usaha akan memahami apa kewajibannya sebelum memulai melaksanakan usaha.

“Ketika melakukan pendirian usaha, maka penekanannya para pengusaha harus melakukan perizinan. Jika semua syarat sudah terpenuhi, maka usahanya akan aman. Sebaliknya jika tidak patuh hukum, maka bisa ditindak,” tegasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan