Dukung Palangka Raya Miliki Mall Pelayanan Publik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Memiliki pusat pelayanan publik yang representatif menjadi impian Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya. 

Apalagi baru baru ini Wakil Walikota Palangka Raya Hj.Umi Mastikah bersama jajarannya telah meninjau satu unit Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, dimana diharapkan pusat pelayanan itu bisa diadopsi untuk diterapkan di Kota Palangka Raya.

Menyikapi hal itu Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto menyatakan, mendukung bila pemko berkeinginan memiliki pusat pelayanan publik yang lebih representatif, yang mampu menampung beragam pelayanan kepada masyarakat.

“Kenapa tidak bisa. Saya pikir itu bisa dilakukan sepanjang semuanya memiliki komitmen dan kesapahaman,” ujarnya, Rabu (14/11/2018).

Memang kata Sigit, untuk membuat gagasan penempatan seluruh pelayanan dalam satu atap, tentu harus dipikirkan faktor-faktor pendukung dan penghambatnya, sehingga benar-benar seluruh pelayanan bisa terpadu.

Terlebih pelayanan publik ini sendiri banyak sekali bentuknya, seperti  administrasi kependudukan berupa akte kelahiran dan kematian, kartu identitas anak, KTP, beragam jenis izin, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PDAM, pelayanan izin terkait kendaraan di SAMSAT, pembayaran retribusi daerah, pembayaran PLN dan perizinan lainnya, maka harus benar-benar tersusun dengan regulasi yang jelas.

“Ya, kalau pemko mau mengadopsi mall pelayanan publik, saya pikir bisa saja. Misalkan manfaatkan saja sebagian besar Palangka Mall,  yang  kini ruangan bangunannya banyak kosong. Ini bisa saja di atur dalam komitmen mekanisme,” cetusnya.

Terpenting lanjut Sigit, pusat pelayanan publik benar-benar mampu memberikan kemudahan ketika masyarakat memanfaatkan keberadaannya.

“Sebenarnya ini sejak dulu pernah dipikirkan juga oleh pemerintahan kota sebelumnya. Hanya saja semua harus melalui penetapan yang cermat. Termasuk bicara representatif atau tidaknya, dengan alat ukur adanya kesamaan dalam hal pemikiran banyak pihak,” tutup Sigit. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan