DPRD Banjarbaru Kagumi Kerukunan Umat Beragama di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Lagi-lagi anggota DPRD Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kaji banding ke Kota Palangka Raya, Jumat (6/4/2018) pagi.

Para wakil rakyat dari Banua julukan orang Kalimantan Selatan ini ingin mempelajari masalah kerukunan umat beragama di Kota Palangka Raya dan mekanisme bantuan dana kepada partai politik.

Dalam pertemuan yang digelar di ruang rapat komisi rombongan DPRD Banjarbaru diterima oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Ida Ayu Nia Anggraini beserta anggota dewan lainnya.

Dipilihnya lagi Kota Cantik sebagai tujuan kaji banding ini karena anggota DPRD Banjarbaru melihat tingkat kerukunan beragama di Palangka Raya terbilang rukun.

Padahal masyarakat Palangka Raya sangat hiterogen (banyak suku dan agama), namun hingga saat ini tetap rukun, sehingga konsep kerukunan ini perlu dicontoh untuk Banjarbaru.

“Saya lihat bangunan tempat ibadah yang berbeda agama, ada yang berdekatan. Ini membuktikan kerukunan umat beragama di Palangka Raya sangat nyata,” tutur ketua rombongan DPRD Banjarbaru.

Sementara itu Kepala Badan Kesbanglinmas Kota Palangka Raya, Januminro menjelaskan rukunnya warga Kota Cantik tidak lepas dari peran pemerintah daerah dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Dia menyebut FKUB sangat intens membina umat. Lainnya, FKUB Palangka Raya cukup unik jika dibanding daerah lain. Uniknya, FKUB Palangka Raya ada perwakilan dari Hindu Kaharingan.

“Dari 17 komposisi kepengurusan FKUB Palangka Raya salah satunya dari Kaharingan. Ini setelah komposisi muslim menyerahkan satu perwakilan untuk Kaharingan,” tuturnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan