Dorong Pemko Palangka Raya Manfaatkan Potensi Sungai dan Danau

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto  meminta pemerintah kota setempat untuk dapat memanfaatkan potensi sungai dan danau sebagai obyek yang mampu  menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD).

“Sungai, danau dan rawa adalah bagian dari sektor kemaritiman. Karenanya, perlu upaya optimal dalam pemanfaatannya,”ungkap Sigit, Jum’at (10/8/2018).

Tidak bisa dipungkiri, wilayah Palangka Raya memiliki sungai yang cukup luas. Dimana setidaknya ada dua sungai besar ditambah ratusan danau maupun rawa. Potensi alam ini menurut Sigit, bisa dimanfaatkan secara baik sepanjang ada upaya yang kreatif dalam memperbaharuinya sebagai potensi yang bisa menjanjikan bagi daerah

“Ya, sebut saja, potensi dari sungai, danau dan rawa yang dimiliki wilayah Palangka Raya ini dapat dijadikan sebagai sektor unggulan dibidang perikanan,” cetusnya.

Jelas Sigit, bila mengacu data Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, dimana pada periode 2017 produksi perikanan budi daya mencapai 13.000 ton lebih. Selama periode 2018 pada sektor perikanan budi daya ditargetkan produksi perikanan mencapai 16.772 ton lebih.

Tetapi ternyata, hasil produksi budi daya perikanan tetap saja belum sepenuhnya mampu mencukupi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat di Kota Palangka Raya. Akibatnya, tetap saja harus memenuhi kekurangan produksi perikanan dengan mendatangkan pasokan dari luar Kota Palangka Raya. 

“Perlu upaya lebih  mendorong penguatan masyarakat untuk melakukan pembudidayaan ikan, Disisi lain inovasi, kreativitas maupun terobosan mesti dilakukan. Sayang saja potensi alam kita tak mampu digali maksimal,” tutup Sigit. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan