Budidaya Ikan Keramba dan Kolam Dinilai Tepat Untuk Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Pakangka Raya – Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kalteng yang juga Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Sugianor mengatakan, pembudidayaan ikan keramba dan ikan kolam, sangat cocok bila dikembangkan secara optimal di Kota Palangka Raya.

Menurutnya, dua sistem pengembangan pembudidayaan ikan tersebut, mampu berhasil serta menjadi peluang bisnis yang cukup bagus. Asalkan, sistem pembudidayaan dapat dilakukan secara tepat.

“Sejauh ini ada upaya para penggiat ikan air kolam ataupun keramba untuk mau melakukan pengembangan. Namun kelemahan, terletak pada kemampuan SDM terutama teknik pembudidayaan,” ungkapnya Selasa (18/9/2018).

Dikatakan, adanya upaya pembudidaya ikan ini, semestinya harus mendapat perhatian kuat Pemerintah Kota Palangka Raya.Terutama bagaimana mendorong petani ikan untuk meningkatkan kemampuan dalam pembudidayaan.

Hal tersebut dilakukan, bukanlah tanpa sebab, mengingat tidak sedikit para petani ikan air kolam ataupun keramba, yang harus putus ditengah jalan, manakala pembudidayaannya tidak berjalan maksimal.

“Saya pikir, program bantuan perikanan harus lebih dikuatkan lagi. Seperti memprogramkan pemberian bibit ikan maupun pakan ikan,” cetus Sugianor.

Dalam bagian lain kata dia, instansi terkait harus mampu memberikan pengetahuan ataupun keterampilan bagi para petani ikan, bagaimana pembudidayaan yang tepat. 

Semisalkan berkaca dari daerah lain, dimana ada pemerintah daerahnya mendatangkan para ahli perikanan untuk memberikan penguatan pengetahuan bagi petani ikan. Bahkan sampai ada percontohan kolam ikan atau keramba, yang dapat diadobsi teknik pengembangannya oleh para petani ikan.

“Potensi perikanan di Kota Palangka Raya ini sangat berpotensi untuk dikembangkan, terlebih wilayahnya dikelilingi sungai besar” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan