Akses Internet Tiap Kecamatan Jadi Penentu Suksesnya Pilkada Serentak 2018

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Akses jaringan internet per kecamatan di 10 kabupaten dan satu kota di Provinsi Kalimantan Tengah akan menunjang suksesnya pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, khususnya berkaitan dengan sistem informasi hitung per kecamatan.

Masalah ini pula yang menjadi salah satu pembahasan dalam rapat persiapan Pilkada serentak 2018 di aula Jaya Tingang, kantor Gubernur Kalteng yang diikuti oleh pejabat dari 10 daerah, termasuk dari Pemerintah Kota Palangka Raya, Selasa (5/12/2017).

“Kegiatan ini sebetulnya dilaksanakan oleh Pemda. KPU berkesempatan untuk menginformasikan apa saja yang sudah dilaksanakan dan apa yang perlu respon dari daerah. Misalnya salah satunya kita sampaikan daerah mana yang akses internetnya sudah masuk,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah, Ahmad Syar’i.

Saat digelarnya Pilkada serentak Rabu 27 Juni 2018 nanti KPU ingin menerapkan sistem informasi hitung tingkat kecamatan. Jadi proses hitung cepat itu akan sulit dilakukan jika belum didukung oleh akses internet yang bagus.

Dia menuturkan ada 136 kecamatan yang tersebar di 10 kabupaten dan satu kota. Dari jumlah itu informasi sementara ada 32 kecamatan yang belum bisa mengakses jaringan internet. “Ini informasi sementara, makanya kita konfirmasi ke pihak camat,” ungkapnya.

KPU berharap pelaksanaan perhitungan nantinya seluruh kecamatan sudah bisa mengakses internet, sehingga bisa terakses dengan cepat dan masyarakat bisa dengan mudah melihat hasil perolehan suara calon kepala daerah yang bertarung.

Tapi jika masih ada kecamatan yang belum terakses internet, maka penyampaian hitungan bisa dilakukan secara manual, yakni kecamatan menyampaikan ke kabupaten.

“Jadi nanti setelah dihitung di TPS, disampaikan ke kecamatan kemudian langsung ke sistem, sehingga orang bisa melihat secara langsung. Kalau tidak bisa, begitu selesai langsung ke kabupaten. Memang prosesnya agak lambat. Tapi biasanya hitungan manual dan melalui sistem tidak beda jauh,” tuturnya.

Sementara itu Sekda Kalteng, Mugeni dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Kesbangpol Kalteng Yuas Elko yakin, bahkan Pilkada serentak bupati maupun walikota bisa berjalan demokratis, aman, dan damai.

Dia juga berharap pihak kecamatan turut serta membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mencegah secara dini terhadap gangguan Kamtibmas selama proses Pilkada berlangsung. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan