Sambut Sumpah Pemuda, Warga Palangka Permai Gelar Pawai 100 Obor

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Beragam cara dilakukan masyarakat secara bersama-sama manakala  menyambut hari besar nasional. Namun lazimnya kegiatan masyarakat itu hanya terfokus bahkan menjadi tradisi ketika menyambut hari kemerdekaan Indonesia saja.

Akan tetapi hal itu tidak berlaku bagi warga dilingkungan RW 06 Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, dimana masyarakat dilingkungan rukun warga  tersebut, pada Sabtu (27/10/2018) malam melakukan pawai obor mengambil rute sepanjang lingkungannya untuk memperingati hari sumpah pemuda ke-90.

Dari pantauan awak Media Center Isen Mulang, kegiatan pawai obor ini dilakukan selepas sholat Isya, dimana terlihat anak-anak usia pelajar hingga para pemuda dengan cara berjalan kaki sambil membawa obor. 

Mahmudi salah satu tokoh pemuda yang juga penanggungjawab acara mengatakan, kegiatan pawai obor yang digelar tersebut adalah dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda ke 90.

“Tidak hanya peringatan 17-an saja yang menjadi tradisi, namun warga ingin hari sumpah pemuda dapat menjadi kegiatan rutin untuk digelar,” ungkapnya.  

Kata Mahmudi, momentum hari sumpah pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober itu, sangat perlu diingatkan dan jangan sampai padam, terkhusus bagi para generasi muda bagaimana semangat pemuda dikobarkan para pendahulu dalam mengisi perjuangan dan kemerdekaan.

“Ada 100-an obor yang diarak dalam kegiatan pawai ini, dimana diikuti warga yang terdiri dari elemen pemuda dan masyarakat komplek Palangka Permai RW 06,” tuturnya, seraya mengatakan iringan pawai obor tersebut menuju ke halaman SDN 8 Menteng Jalan G Obos XII, disana akan disajikan lagi kegiatan panggung hiburan.

Sementara itu Hasan Basri yang merupakan Ketua RT 05 RW 06 mengaku menyambut baik kegiatan tersebut yang dimotori para pemuda yang ada dilingkungan RW 06 Kelurahan Menteng.

“Kegiatan memaknai hari sumpah pemuda ini baru pertama kalinya digelar warga. Kami berharap acara tersebut dapat terus dilakukan secara rutin, melalui beragam kreatifitas dan ide dari para pemuda,” ucapnya singkat. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan