Perayaan Natal Membawa Berkah Bagi UKM Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Perayaan Natal 2017 membawa berkah bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Palangka Raya. UKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya mendapatkan pesanan 6.000 kue basah dan nasi.

Menurut Kasi Peningkatan Kualitas Kewirausahaan pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya, Oktaviasi pesanan tersebut datang dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Pesanan itu baru diantar pada 27 Desember 2017.

Sebagai orang dinas yang selalu mendampingi UKM, Oktaviasi mengaku senang karena produk UKM mulai dicintai oleh masyarakat. Diharapkan dengan makin larisnya produk UKM bisa membuat mereka lebih bergairah dalam menjalankan usaha.

Ia juga berharap produk UKM makin dikenal masyarakat luas. Dengan demikian UKM Palangka Raya akan mampu bersaing dengan pengusaha dari luar. Apalagi saat ini sebagian UKM telah difasilitasi bisa berjualan bermitra dengan Indomaret.

Bahkan menurutnya sejak di-launching produk Petak Umpet (peran serta pemerintah kota untuk menciptakan peluang ekonomi terpadu bagi UMKM) pada Oktober 2017, kini omzet UKM cukup besar. Bahkan saking larisnya, para UKM kewalahan melayani Indamaret.

“Semua produk UKM yang ditaruh di gerai Indomaret habis terus. Paling lama 2-3 hari sudah habis. UKM-nya tidak mampu, bahkan ada yang tidak sempat produksi,” tulis Oktaviasi melalui pesan WathsApp, Rabu (20/12/2017).

Oktaviasi menuturkan produk UKM yang laris di gerai Indamaret adalah keripik kalakai, kerupuk saluang, kerupuk ikan lais, amplang iklan tenggiri, ampalng ikan pipih, kerupuk singkah uei, kerupuk singkah sawit, sale pisang, dan keripik pare.

Meski produk UKM laris, namun di sisi lain diakui sampai saat ini para UKM Palangka Raya masih butuh bantuan modal, sehingga disaat permintaan banyak, tetapi modal kurang, sehingga tidak bisa memenuhi permintaan pasar.

Karena itu ia berharap pihak ketiga, khususnya perbankan mau memberikan pinjaman untuk menambahi modal usaha para UKM, sehingga secara perlahan mereka bisa memproduksi sesuai permintaan pasar. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan