Pengembangan Digitalisasi UMKM

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pada Selasa (27/11/2018), sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Tabalong bersama sejumlah jajaran OPD terkait lingkup pemkab setempat, datang bertandang ke Pemerintah Kota Palangka Raya dalam rangka kunjungan kerja (kunker) dengan agenda pengembangan digitalisasi UMKM.

Kedatangan rombongan dari daerah di Provinsi Kalimantan Selatan ini diterima Sekda Kota Palangka Raya, Rojikinnor didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kota Palangka Raya , serta jajaran terkait lainnya.

Dalam pertemuan yang di gelar di ruang Peteng Karuhei (PK) I Kantor Walikota Palangka Raya, Rojikinnor menjelaskan, bahwa sesuai dengan agenda yang dimaksudkan oleh Pemkab Tabalong, maka pihaknya menghadirkan dinas terkait untuk menguraikan hal-hal secara teknis

“Disini ada pihak Diskop UKM yang akan menjelaskan pengembangan digitalisasi UMKM terutama yang sudah diterapkan di Kota Palangka Raya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Diskop dan UKM Kota Palangka Raya, Afendie, dalam kesempatan itu menerangkan, jika pihaknya saat ini sedang mencoba menjalankan program aplikasi baru, bahkan sudah dilaunching beberapa waktu lalu yaitu sistem aplikasi lokasi informasi dan promosi “si Romi”

“Kita menonjolkan aplikasi si Romi yang diharapkan menjadi aplikasi yang mampu meningkatkan pemasaran UMKM,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Afendie, selain aplikasi si Romi, Diskop-UKM juga terus mengembangkan produk UMKM Kota Palangka Raya. Salah satunya yang mendapatkan respon adalah Kopi hasil UMKM Palangka Raya dan souvenir khas Kalteng.

“Selain itu ada beberapa produk UMKM, mulai dari kuliner, obat-obatan herbal dan hasil kerajinan tangan. Beberapa hasil UMKM kita cukup disukai pada saat kegiatan atau event,”tuturnya.

Sedangkan pimpinan rombongan yang juga Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Mursalin, mengapresiasi aplikasi yang sudah dimiliki oleh Kota Palangka Raya dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM.

“Saya rasa ini menarik, beberapa terobosan seperti si Romi itu cukup bagus, karena UMKM akan memiliki wadah dalam pemasaran. Saya rasa ini menjadi ide yang bisa kita ikuti,” cetusnya dalam pertemuan itu. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan