Launching Layanan SALAM oleh Bagian Kesra Setda Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palangka Raya meluncurkan Sistem Aplikasi Layanan Aspirasi Masyarakat (SALAM). Launching SALAM ini dilakukan di sela peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XIV di lokasi wisata Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sebangau, Selasa (28/11/2017). 

Layanan cepat melalui sistem SMS online ini merupakan inovasi dari Kasubag Sosial Kemasyarakatan Bagian Kesra Setda Kota Palangka Raya, Eriwan untuk memenuhi tugas Diklatpim IV.

SALAM merupakan sistem aplikasi layanan aspirasi masyarakat berbasis website dan SMA gatway. Layanan ini bisa mengakomodir dan menyalurkan aspirasi masyarakat sesuai kondisi dan keadaan yang dihadapi di wilayahnya. 

Dengan SALAM ini juga bisa memproses pelaporan dan mengelompokan berdasarkan skala prioritas, rangking prioritas, sehingga bisa mengefisiensikan sistem kerja bagian kesra dan memudahkan penyampaian laporan serta pembuatan kebijakan bagi pemimpin. 

Sedangkan tujuan proyek perubahan ini untuk menciptakan layanan sarana penunjang laporan aspirasi masyarakat terhadap kondisi wilayah, sehingga memudahkan warga untuk menyampaikan laporan informasi secara cepat, tepat, dan terukur melalui SMS ke 0811 5211 777. 

Adapun manfaat layanan SALAM ini bisa meningkatkan cipta profesionalisme, pelayanan terhadap masyarakat yang mengerti akan kegiatan dan keinginan dari masyarakat itu sendiri. Selain itu bisa meningkatkan ketrampilan aparatur sipil negara dalam penggunaan informasi teknologi dan menjalin dengan stake holder terkait pemenuhan kebutuhan layanan secara berkesinambungan dan terukur. 

Kemudian tersedianya data akurat sebagai bahan bagi pimpinan untuk mengambil keputusan dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap program yang dijalankan pemerintah daerah. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan