Rapat Koordinasi Terkait Pengendalian dan Penanggulangan Banjir di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya

 

Intensitas curah hujan yang cukup tinggi pada hari Jumat 20/5/2022 pagi, mengakibatkan beberapa titik ruas jalan di Kota Palangka Raya tergenang air.

Dalam mengatasi hal tersebut, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin bersama dengan instansi terkait sigap mengambil langkah untuk menanggulanginya yaitu dengan menggelar rapat koordinasi terkait pengendalian dan penanggulangan banjir di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya, Jumat (20/5/2022).

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin menyebutkan bahwa ada tiga jenis saluran yaitu saluran primer sekunder dan tersier.
Sejumlah titik yang tergenang air tersebut salah satunya diakibatkan oleh saluran sekunder seperti gorong-gorong pada saluran air yang tidak dapat menampung derasnya air sehingga air tersebut meluap dan mengakibatkan banjir.

Oleh sebab itu, dirinya menyebutkan dalam mengatasi hal tersebut pihaknya bersama instansi terkait dalam hal ini PUPR akan segera mengatasi permasalahan tersebut.

“Kami bersama instansi terkait telah melakukan koordinasi terkait pengendalian banjir dan ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Dalam waktu dekat kami akan melakukan swakelola dengan pihak UPT PUPR terkait untuk mengatasi terjadinya banjir itu sendiri,” kata Fairid.

Selain itu, disebutkannya juga banjir terjadi memang karena faktor alam terutama intensitas hujan yang terjadi hari ini memang sangat tinggi.

“Seperti yang kita ketahui intensitas curah hujan hari ini memang sangat tinggi sebagian saluran sekunder tidak bisa menampung debit air hal itulah salah satu yang menyebabkan terjadinya banjir,” sambungnya.

Fairid mengajak masyarakat bersama pemerintah saling bersinergi dalam mengatasi terjadinya bencana banjir.

“Untuk masyarakat kota cantik marilah bersinergi dengan pemerintah dalam menanggulangi terjadinya banjir dengan tidak membuang sampah di sungai terutama di saluran-saluran drainase yang dapat menimbulkan penyumbatan air dan bisa mengakibatkan terjadinya banjir,” pungkas Fairid. (MC Isen Mulang)

@fairidnaparin
#palangkaraya

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan