Disdukcapil Jemput Bola Layanan Adminduk Ke Kelurahan Kanarakan

MEDIA CENTER, Palangka Raya-Sebagai wujud dari motto membahagiakan masyarakat melalui pelayanan adminduk yang prima, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan pelayanan jemput bola dokumen kependudukan ke Kelurahan Kanarakan Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

Kegiatan yang dimotori oleh Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil ini berlangsung selama dua hari yakni tanggal 26-27 Agustus 2022.

Dalam kesempatan tersebut Plt Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya H Edie melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Taufik Hidayat menyampaikan bahwa sasaran kegiatan tersebut tidak hanya terbatas pada perekaman KTP elektronik (KTP-El) saja tapi juga dokumen kependudukan lainnya seperti kartu Keluarga, akta kelahiran dan akta perkawinan.

“Antusiasme masyarakat sangat bagus dan mengingat mayoritas penduduk di sini adalah nelayan yang berkerja pada pagi hingga sore hari, maka kegiatan pelayanan perekaman dan adminduk kami laksanakan pada malam hari mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Melalui kegiatan jemput bola ini telah dilakukan perekaman biometrik KTP-El untuk 11 orang, cetak KTP-El sebanyak 65 buah, cetak Kartu Identitas Anak 12 buah, cetak Kartu Keluarga 48 buah dan Akta Kelahiran 7 buah,” ujar Taufik, (Sabtu, 27/08/22).

Sementara itu Lurah Kanarakan Widikno dan aparat Kelurahan juga turut berperan aktif dalam kegiatan ini dengan membantu penyediaan sarana pendukung dan memberikan imbauan kepada masyarakat Kelurahan Kanarakan untuk mengurus adminduknya.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini dan merasa sangat terbantu dengan adanya layanan jemput bola adminduk, sehingga masyarakat di sini tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Disdukcapil yang jaraknya cukup jauh dan harus ditempuh dengan transportasi air,” kata Widikno.

Taufik Hidayat selaku koordinator kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Lurah Kanarakan dan seluruh stafnya atas kerjasama yang baik serta menyampaikan bahwa untuk kedepannya keluarahan-kelurahan lain juga akan dijadwalkan terutama untuk yang berada di pelosok.

“Kami akan menjadwalkan kegiatan ini secara kontinyu dan juga mengharapkan peran aktif dari pihak kelurahan untuk kelancaran kegiatan jemput bola pelayananan adminduk ini dan semoga dapat membawa manfaat bagi masyarakat karena sudah menjadi kewajiban kami dari Disdukcapil untuk memberikan pelayanan yang terbaik guna pemenuhan hak dokumen kependudukan bagi masyarakat,” pungkas Taufik Hidayat.

(MC Isen Mulang/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *