Wali Kota Palangka Raya Minta Masyarakat Waspada Penyebaran Omicron

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin meminta warga kota cantik agar selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Hal tersebut mengingat beberapa hari ini kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 varian Omicron di kota cantik mengalami kenaikan kasus.

“Beberapa hari ini kasus terinfeksi covid-19 mengalami kenaikan, untuk itu saya himbau kepada masyarakat kota Palangka Raya agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan ketat dan tidak menganggap remeh covid-19 varian Omicron ini”, kata Fairid Senin (14/2/2022).

Fairid menjelaskan, meskipun virus varian Omicron ini tidak terlalu bahaya seperti virus varian delta namun sistem penyebarannya sangatlah cepat dari varian sebelumnya dimana 1 orang bisa menularkan 8 orang.

“Virus Varian Omicron ini meskipun tidak gejalanya tidak terlalu terasa namun sistem penyebarannya sangat cepat, untuk itu kuncinya kita tetap patuhi prokes dengan ketat”, tuturnya.

Adapun gejala varian Omicron pada umumnya mengalami demam, batuk, flu dan sakit tenggorokan. Jika mengalami gejala ini masyarakat diminta memeriksakan diri dengan tes PCR atau Swab Antigen.

“Kalau hasilnya positif tidak perlu panik dan jika mengalami kondisi berat segera ke rumah sakit. Tapi kalau gejala ringan atau tanpa gejala cukup lakukan isolasi mandiri,” ungkapnya.

Selain itu, Fairid menyampaikan bahwa pemerintah pusat menyebutkan angka penyebaran covid-19 selalu meningkat untuk itu menekankan agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Apabila kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami kenaikan, maka otomatis level PPKM tentu juga akan naik dan pembatasan aktivitas masyarakat juga akan dibatasi maka hal tersebut akan berdampak terhadap ekonomi masyarakat”, jelasnya.

“Meski begitu, apabila level PPKM dinaikan kami dari Pemerintah kota Palangka Raya akan tetap memberikan kebijakan yang tidak terlalu memberatkan bagi masyarakat”, tutupnya. MC. Isen Mulang/Nitra/wspd

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *