Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Dan Bersih Melalui Keterbukaan Informasi Publik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Keterbukaan informasi publik menjadi bagian dari upaya membangun Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan bersih sekaligus membangun reputasi pemerintah yang mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Untuk itu dibutuhkan komitmen yang kuat dari pimpinan dan seluruh unsur pemerintah, SDM yang kompeten, regulasi yang komprehensif, fasilitas yang memadai, anggaran yang dapat memenuhi kebutuhan, dan yang tidak boleh diabaikan adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Hal ini disampaikan Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Arbert Tombak saat membuka kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Informasi Publik di aula Peteng Karuhei II Kantor Wali Kota Palangka Raya, Selasa (11/6/2024).

Arbert mengatakan, saat ini Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentai (PPID) Utama Pemerintah Kota Palangka Raya akan menyelenggarakan pemeringkatan keterbukaan informasi publik sebagai bentuk monitoring dan evaluasi dengan menilai dan mengevaluasi penyelenggaraan keterbukaan informasi publik di PPID Pelaksana.

“Diharapkan bagi Seluruh PPID Pelaksana di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya dapat berpartisipasi aktif menyediakan dan melengkapi seluruh dokumen yang diminta sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh penyelenggara,” ucapnya.

Hasil penilaian ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kota Palangka Raya agar setiap badan publik bersungguh-sugguh mengimpelementasikan keterbukaan infomasi publik, sehingga hak masyarakat akan informasi dapat terpenuhi seutuhnya.

“Penilaian ini juga merupakan bukti akuntabilitas keterbukaan informasi publik di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya dan diharapkan menjadi sarana bagi Pemerintah Kota Palangka Raya untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dan produktivitasnya,” sambung Arbert.

Dirinya mengharapkan melalui implementasi keterbukaan informasi yang dimiliki seluruh PPID Pelaksana, Pemko Palangka Raya dapat mempertahankan prestasi sebagai Badan Publik Informatif Se-Kalimantan Tengah. (MC Kota Palangka Raya/Gusti/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *