Wartawan Diberi Pengetahuan Tentang Mitigasi Bencana

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya menggelar pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana. Adapun pelatihan tersebut diperuntukan bagi wartawan dari berbagai perusahaan media yang ada di Kota Palangka Raya, Rabu (26/10/2022).

Pelatihan yang mengambil tempat di Galeri Resto Tjilik Riwut Palangka Raya itu diikuti puluhan awak media, serta menghadirkan tiga pemateri, yakni Kepala Ombudsman Kalteng, Raden Biroum, Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Wahid Yusuf dan Ketua PWI Kalteng, H M Harris Sadikin.

“Pelatihan ini guna mengedukasi terkait berbagai upaya mitigasi bencana. Karena bencana ini tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Untuk itu perlu pengetahuan guna mencegah terjadinya bencana,” kata Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani saat membuka pelatihan tersebut.

Menurut Emi, penting peran media, terutama melalui para jurnalis dalam pengetahuan pencegahan dan mitigasi bencana. Terutama dalam memberikan opini dan informasi kepada masyarakat agar selalu waspada dan terhindar dari bencana.

Perlu diketahui, mitigasi bencana bukan hanya bagaimana mencegah bencana dapat terjadi. Namun juga mencegah serta meminimalisir adanya korban jiwa jika terjadi bencana.

“Contohnya, tidak cukup kalau hanya sebatas melarang masyarakat membuang sampah di drainase agar tidak terjadi banjir. Tapi juga bagaimana masyarakat bisa selamat ketika terjadi bencana,” ujarnya.

Selebihnya Emi Abriyani berharap, dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat terkait pentingnya upaya mitigasi bencana.

“Penting pengetahuan tentang mitigasi bencana ini, guna mencegah terjadinya korban atau resiko ketika terjadi bencana,”t andasnya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *