Warga Petuk Katimpun Swadaya Bikin Bak Sampah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Puluhan warga Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya gotong royong membuat tempat pembuangan sementara (TPS), Minggu (25/3/2018).

Biaya pembuatan bak sampah ini murni swadaya warga. Setiap kepala keluarga (KK) dipungut dana Rp20 ribu. Dana yang terkumpul dibelikan batako, semen, besi, tanah urug, dan konsumsi.

Dibuatnya TPS permanen ini setelah adanya kepastian dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya jika sampah yang dibuang di bak sampah ini nantinya akan diangkut setiap hari.

Sebab selama ini warga Katimpun sangat kesulitan untuk membuang sampah dan harus jauh membuang ke TPS di wilayah Kelurahan Bukit Tunggal Km 9 Jalan Tjilik Riwut atau Km 11 Jalan Tjilik Riwut.

Dengan dibangunnya TPS swadaya ini nantinya warga Kelurahan Petuk Katimpun tidak jauh-jauh lagi membuang sampah. Gotong royong membuat TPS ini langsung dipimpin Ketua RT 3 Zainudin S Udang.

Tidak ketinggalan warga Komplek Griya Petuk Katimpun Indah juga bahu membahu gotong royong. Sebagian ikut membuat TPS dan sebagian lainnya membersihkan rumput di sepanjang Jalan AMD.

Saat ini progres pembuatan TPS masih 80 persen dan akan dituntaskan pada Minggu depan (1/4/2018). Setelah TPS selesai dibangun kemudian akan dihibahkan oleh masyarakat kepada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya.

Kepala UPT Jekan Raya I pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya, Rendro Rismae Riyadi mengatakan setelah TPS swadaya tersebut dihibahkan oleh masyarakat, maka statusnya nanti menjadi aset daerah.

Di sisi lain Rendro mengucapkan terima kasih kepada warga Petuk Katimpun yang telah membuat TPS secara swadaya. “Warga di sini sangat pro aktif, tanpa harus menunggu dibuatkan TPS dari pemerintah sudah mau membuat TPS sendiri dan ini harus dicontoh oleh warga lainnya,” tuturnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan