Warga Jalan Bandeng V Diajari Membuat Kompos Organik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya melalui UPT Pengelolaan Sampah Terpadu Kecamatan Jekan Raya I mengadakan pelatihan pembuatan kompos organik kepada warga Jalan Bandeng V, Kelurahan Bukit Tunggal, Jumat (1/12/2017).

Pelatihan yang diadakan di halaman rumah Ketua RT 02 RW VIII Nomor 29, Tugiman ini langsung dipimpin Kabid Kebersihan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya, Mardian dan ditemani Kasi Kebersihan Muhammad Alfath.

Pelatihan dalam rangka Mari Kelola Sampah yang digagas Kasubag TU UPT Pengelolaan Sampah Terpadu Kecamatan Jekan Raya 1, Nia Ramayanthie, S.Hut untuk memenuhi ujian Diklatpim IV ini juga dihadiri Lurah Bukit Tunggal, Heri Fauzi.

Dalam pelatihan ibu Nia memandu langsung warga Jalan Bandeng V untuk membuat kompos. Bahan kompos bisa dari daun dan berbagai jenis buah yang sudah busuk. Dalam praktek kali ini daun kering dicampur aneka buah yang dicincang kemudian dijadikan satu.

Setelah itu sampah dimasukan ke dalam komposter atau drum plastik sebagai media pembusuk. Namun agar proses pembusukan lebih cepat, maka adonan aneka sampah diberikan cairan effective micro organisme (EM4) dan gula untuk mengaktifkan mikroba.

Kemudian drum plastik ditutup. Setiap satu Minggu sekali, komposter diaduk. Dibutuhkan sekitar satu bulan untuk menjadikan sampah ini menjadi pupuk organik. Jika campuran pupuk sudah berwarna kehitaman dan tidak berbau lagi, maka proses pengomposan telah selesai.

Langkah terakhir dengan mencacah bagian daun yang masih kasar lalu diayak dan diambil yang halus. Pupuk kompos yang kasar bisa dicampurkan lagi ke dalam bak pengomposan sebagai aktivator.

Kepala UPT Pengelolaan Sampah Terpadu Kecamatan Jekan Raya I, Rendro Rismae Riady, ST, MT menjelaskan kenapa pelatihan pembuatan kompos ini dilakukan di Jalan Bandeng V, karena lokasi ini merupakan salah satu titik pantau penilaian Adipura.

Selain itu dengan adanya pelatihan ini warga Jalan Bandeng V bisa memilah sampah yang bisa dijadikan pupuk. Manfaat lainnya bisa digunakan untuk memupuk tanaman miliknya dan juga bisa dijual, sehingga bisa menambah pendapatan bagi keluarga. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan