Warga Jalan Bandeng Diajak Tertib Kelola Sampah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bidang Kebersihan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya mengadakan ‘Sosialisasi Mari Kelola Sampah’ kepada warga Jalan Bandeng V, Kelurahan Bukit Tunggal, Minggu (5/11/2017).
 
Sosialisasi yang dibuka Lurah Bukit Tunggal, Heri Fauzi ini dilaksanakan di rumah Ketua RT 02 RW VIII Nomor 29 Jalan Bandeng V, Kelurahan Bukit Tunggal, Tugiman. Pelaksanaan sosialisasi ini terbilang sukses karena banyak diikuti warga.
 
Sosialisasi yang dipimpin Kabid Kebersihan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya, Mardian ini merupakan ide Kasubag TU UPT Pengelolaan Sampah Terpadu Kecamatan Jekan Raya 1, Nia Ramayanthie, S.Hut untuk memenuhi ujian Diklatpim IV di Samarinda.
 
Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini untuk membangun perilaku tertib dalam tata kelola sampah rumah tangga, meski pun selama ini warga Jalan Bandeng V sudah sangat tertib dalam membuang sampah ke tempat pembuangan sementara (TPS), namun belum dipilah.
 
Karena itulah melalui sosialisasi ini Kabid Kebersihan, Mardian mengajak para warga untuk memilah sampah rumah tangga sebelum diambil operator pemungut sampah. Sebab dengan dipilah akan memberikan nilai ekonomis, karena bisa dijual untuk didaur ulang.
 
Selain itu warga diimbau mengelola sampah dengan metode 3R (reduce, reuse, dan recycle). Warga juga diimbau mengurangi produksi sampah, khususnya plastik. Caranya warga harus membawa sendiri dari rumah jika ingin belanja ke pasar, toko, dan swalayan.
 
Sementara itu Nia Ramayanthie, S.Hut menjelaskan sosialisasi ini dilakukan didasari karena masih adanya sampah yang dibuang warga tidak pada tempatnya dan semakin meningkatnya volume sampah yang diproduksi oleh rumah tangga.
 
Selain itu kurangnya pemanfaatan sampah dan kurang tertibnya jam buang sampah. Nia berharap melalui sosialisasi ini warga lebih tertib dalam mengelola sampah. Untuk merangsang warga tertib membuang sampah pada tempatnya, dalam sosialisasi ini juga diberikan bantuan tong sampah. (*engga)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan