Walikota Tinjau RSUD Tipe D Palangka Raya Sekaligus Jenguk Pasien DBD

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Palangka Raya yang terletak di Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sebangau.

Peninjauan itu dilakukan walikota untuk melihat secara langsung penyelesaian infrastruktur pembangunan RSUD tersebut, sekaligus memanfaatkankan kunjungannya dengan menjenguk dan menyapa pasien DBD yang menjalani rawat inap di rumah sakit milik Pemerintah Kota Palangka Raya ini.

“Kami melakukan peninjauan ke rumah sakit ini sekalian menjenguk pasien demam berdarah dengue (DBD). Terlebih saat ini di Palangka Raya cukup banyak penderita DBD. Makanya, di sini kami hadir untuk menyapa mereka,” kata Fairid di sela kunjungannya, Rabu (28/11/2018).

Dikatakan, Pemerintah Kota Palangka Raya saat ini lebih mengedepankan tindakan pencegehan. Pencegahan dilakukan dengan mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan mengaplikasikan gerakan 3M Plus. 

“Kami sudah instruksikan camat dan lurah untuk menggerakan masyarakat untuk bergotong-royong membersihkan lingkungan, terutama ditingkat RT/RW,” tutur Fairid.

Kemudian lanjut dia, untuk penanganan Pemerintah Kota Palangka Raya melakukan fogging di lokasi yang memang sangat rawan dan sudah endemik. Dimana sebelumnya dilakukan observasi dan pengecekan kondisi lingkungan.

“Selain fogging, kami juga mengajak masyarakat untuk menggunakan obat pembunuh jentik (Abate,). Obat tersebut bisa diambil di puskesmas- puskesmas, dan itu tanpa biaya alias gratis,” terangnya.

Adapun dari kegiatan peninjauan itu, walikota berkesempatan memberikan tali asih kepada sejumlah pasien DBD. Selain itu, disana orang nomor satu di Kota Palangka Raya ini juga melakukan rapat khusus dengan Kepala Dinas Kesehatan, Andjar Hari Purnomo dan Direktur RSUD Palangka Raya, Abram. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan