Walikota Sidak Komoditas Bahan Pokok

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebelum memasuki bulan puasa Ramadan, Walikota Palangka Raya HM Riban Satia bersama jajaran SOPD terkait,  melakukan inspeksi mendadak (Sidak ) langsung ke salah satu pasar tradisional Palangka Raya. Salah satunya Pasar Kahayan yang merupakan pasar central di Kota Palangka Raya.

Alhasil, belum memasuki Bulan Ramadan, ternyata ada dua komoditas bahan pokok yang sudah mengalami lonjakan. Hasil sidak yang dilakukan, Senin (14/5/2018).

Komoditas tersebut kata Riban, diantaranya, daging ayam ras dari Rp 40 ribu sudah mencapai Rp 42 ribu. Komoditas lainnya adalah telur ayam dari harga Rp 2000/butir menjadi Rp 2.400/butir.

Menurut Riban, lonjakan harga menjelang Ramadan memang tidak bisa dihindari. Pun demikian kenaikan tersebut diyakinkan tidak signifikan, sepanjang stok aman, karena jalur pendistribusiannya sudah diatur secara nasional,” ujarnya. 

Sedangkan dengan adanya kenaikan dua komoditi bahan pokok tersebut tambah Riban, tidak akan berpengaruh, bahkan untuk menyiasati pihak pemerintah kota melalui instansi terkait, merencanakan akan mencoba menggunakan daging ayam beku guna menstabilkan harga dipasaran.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya, Aratuni D Djaban, mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan membuat operasi pasar guna menstabilkan harga komoditas dipasaran.

“Langkah kita yang pertama adalah menggelar operasi pasar, seperti tahun-tahun sebelumnya. Dengan begitu harga bahan pokok dipasaran akan stabil meskipun tidak signifikan,”pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan