Walikota Sampaikan LKPj APBD 2016 ke DPRD

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya HM Riban Satia menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) APBD 2016 melalui sidang paripurna DPRD, Senin (12/6/2017).

Bagi walikota, penyampaian LKPj APBD 2016 sangat istimewa karena laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) mendapat penilaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Capaian ini merupakan prestasi yang berhasil diraih oleh pemerintah kota untuk pertama kalinya. Prestasi WTP ini merupakan puncak dari upaya pemerintah kota dalam mempersiapkan LKPD untuk mencapai opini WTP yang dimulai dari beberapa tahun terakhir.

“Capaian ini merupakan hasil yang sangat baik dan saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh SKPD dan tentunya dukungan dari DPRD,” sebutnya.

Walikota berharap prestasi WTP ini tidak membuat jajarannya tenggelam dalam kebahagiaan yang berlebihan, tapi justru menjadi cambuk untuk terus meningkatkan kualitas laporan keuangan setiap tahun dan terus meningkatkan reputasi serta kinerja pengelolaan keuangan daerah.

Dengan status laporan keuangan yang baik ini walikota berharap tradisi akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah akan terus semakin dijaga. Sebab APBD merupakan instrumen kebijakan pembangunan yang sangat penting.

Untuk itu reputasi dan kredibilitas harus dijaga dan yang penting pelaksanaan APBD benar-benar bisa dinikmati masyarakat dalam mencapai tujuan bernegara.

Adapun LKPD yang sudah diterapkan Pemerintah Kota Palangka Raya sesuai Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 adalah laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo, neraca keuangan, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan.

Dalam laporannya realisasi pendapatan asli daerah (PAD) tahun anggaran 2016 sebesar Rp119,9 miliar dan pendapatan transfer Rp955,3 miliar.

Sementara itu belanja daerah ditarget Rp1.210,8 miliar, namun terrealisasi Rp1.183.6 miliar. Realisasi pembiayaan Rp91.462 miliar dari target Rp91.346 miliar. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan