Walikota Palangka Raya Tinjau Pelaksanaan UNBK SMP/MTS

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pada hari pertama pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP/MTS, Senin (23/4/2018), mendapat perhatian dari Walikota Palangka Raya HM Riban Satia. Didampingi sejumlah jajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, walikota meninjau setidaknya empat sekolah yang melaksanakan UNBK, seperti SMP Khatolik Santo Paulus, MTsN-1, SMPN-6 dan SMP Muhammadiyah.

Dalam peninjauannya, Riban memastikan secara keseluruhan pelaksanaan UNBK berjalan tanpa kendala, walaupun ada sedikit gangguan pada jaringan yang membuat pelaksanaan ujian sedikit molor.

“Tidak semua yang mampu melaksanakan UNBK, terutama sekolah daerah pinggiran yang masih menggunakan sistem ujian berbasis kertas dan pensil (UNKP),”ungkap Riban

Demikian pula kata Riban dirinya mengaku cukup risau dengan pelaksanaan UNBK yang dilakukan per sesi, sehingga dikuatirkan bisa mengganggu hasil ujian peserta didik.

“Keterbatasan komputer jadi kendala, sehingga peserta ujian dibagi tiga sesi. Saya kuatir anak didik yang ujian di-sesi sore hari, bisa saja secara psikisnya terganggu, kurang fokus,” jelasnya.

Kedepan kata Riban, bagi sekolah yang ingin melaksanakan UNBK, bisa menyiasati dengan menyamaratakan waktu atau sesi ujian. 

“Kapan perlu menggunakan smartphone, kan sama saja. Terpenting semuannya tersistem, jadi tidak perlu dibagi sesi pagi, siang atau sore, bisa membuat tidak fokus peserta didik,” cetusnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan