Walikota Palangka Raya Serahkan DIPA 2018

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Riban Satia menyerahkan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2018 kepada kepala satuan kerja instansi vertikal dan kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD), Selasa (12/12/2017) di ruang rapat Peteng Karuhei II.

Sehari sebelumnya DIPA 2018 ini diterima oleh Walikota Palangka Raya bersama seluruh bupati dari Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di Istana Isen Mulang. Selanjutnya harus diserahkan kepada kuasa pengguna anggaran di daerah.

Secara simbolis walikota menyerahkan DIPA kepada Kapolres Palangka Raya sebesar Rp44,9 miliar, kemudian Kementerian Agama Palangka Raya Rp655,6 juta, Pengadilan Negeri Palangka Raya Rp115,8 juta, dan Kejaksaan Negeri Palangka Raya Rp7,7 miliar.

Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya dengan DIPA Rp3,9 miliar, Kantor Pertanahan Kota Palangka Raya Rp16,8 miliar, Badan Narkotika Nasional Kota Palangka Raya Rp2 miliar, dan KPU Kota Palangka Raya Rp8,4 miliar.

Selanjutnya MTsN 1 Palangka Raya Rp7,1 miliar, MTsN 2 Palangka Raya Rp7,7 miliar, dan MAN Palangka Raya Rp10.9 miliar. Jadi totalnya DIPA 2018 untuk Kota Palangka Raya yang ditansfer oleh pemerintah pusat sebesar Rp890,3 miliar.

Dengan diserahkannya DIPA ini maka untuk antisipasi agar serapan anggaran di awal tahun bisa ditingkatkan, maka setiap instansi selaku pengguna anggaran diminta untuk segera memulai kegiatan dalam pelaksanaan program.

“Kadang kita ingin serapan anggaran bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Tapi selama ini selalu terbentur dengan petunjuk teknis dan pelaksanaan yang selalu terlambat dari pusat. Ini yang saya katakan selalu ada saja faktor kendala,” ucap walikota.

Seperti tahun lalu, program prioritas yang akan dilaksanakan diakhir jabatannya dua periode ini akan tetap fokus pada peningkatan infrastruktur jalan, pembangunan perkantoran, kesehatan, dan pendidikan seperti sertifikasi guru. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan