Walikota Palangka Raya Pimpin Studi Banding ke Universitas Brawijaya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya HM Riban Satia memimpin langsung agenda studi banding ke Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Jumat (29/9/2017).

Studi banding ini dalam rangka mempelajari pengelolaan aset, juga belajar tentang pengelolaan sektor pendidikan dan pariwisata di Universitas Brawijaya yang sudah tujuh kali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Ikut mendampingi studi banding walikota ini adalah Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya, Rojikinnor, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Norma Hikmah.

Selanjutnya Camat Pahandut M Zaini, perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan perwakilan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah.

Dalam paparannya Riban Satia mengatakan Kota Malang memiliki kemiripan dengan Kota Palangka Raya dibidang pendidikan dan pariwisata. Dimana Kota Malang telah menunjukkan perkembangan pesat dari dua sektor tersebut.

Sehingga sangat tepat jika bagi pejabat satuan oragnisasi perangkat daerah (SOPD) untuk belajar cara mengembangkan sektor pendidikan dan wisata. Sebab Palangka Raya memiliki potensi wisata yang dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Riban menambahkan kaji banding selama tiga hari di Kota Malang ini hendaknya tidak dipandang sebagai kesempatan wisata, namun semua SOPD diharapkan semaksimal mungkin memanfaatkan waktu yang sempit ini guna belajar cara mengelola aset dan pengembangan wisata dengan baik.

Dia menambahkan belajar pengelolaan aset menjadi modal yang baik bagi jajarannya untuk mempertahankan opini WTP. Untuk itu setiap SOPD yang melakukan kaji banding ke Malang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengggali informasi sebanyak-banyaknya agar bisa ditiru untuk Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan