Walikota Palangka Raya Launching Pendistribusian Bansos Rastra 2018

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Riban Satia melaunching pendistribusian bantuan sosial (Bansos) beras sejahtera (Rastra) di Gudang Bulog Divre Kalimantan Tengah Jalan Tjilik Riwut Km 7, Palangka Raya, Kamis (18/1/2018) pukul 15.30 WIB.

Peluncuran distribusi beras untuk keluarga kurang mampu ini juga dihadiri Wakil Walikota, Kepala Bulog Divisi Regional (Dirve) Kalimantan Tengah dan Kabid Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Erni Herminie.

Di 2018 ini ada 5.313 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Palangka Raya yang menerima Bansos Rastra. Mulai Januari 2018 ini pula setiap KPM tidak lagi menerima 15 kilo gram beras, namun hanya 10 kilo gram beras.

Bedanya, jika tahun sebelumnya setiap KPM dapat 15 kilo gram beras dengan cara membayar, namun mulai tahun ini dapat 10 kilo gram beras tapi tanpa uang tebus. Berubahnya sistem pemberian Bansos Rastra ini merupakan kebijakan dari pemerintah.

Kabid Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Erni Herminie mengatakan tahun ini penerima Bansos Rastra untuk seluruh Kalimantan Tengah berjumlah 80.625 KPM. Bansos Rastra ini akan diberikan setiap bulan.

Erni menuturkan berdasarkan rapat terbatas antara Kementerian Sosial di Jakarta, Bolog diminta untuk mendistribusikan Bansos Rastra untuk tahap I mulai 17-20 Januari 2018, sedangkan untuk Kalimantan Tengah sudah dimulai sejak Rabu (17/1/2018).

Sedangkan daerah di Kalimantan Tengah yang pertama kali meluncurkan pendistribusian Bansos Rastra adalah Kabupaten Kotawaringin Barat dengan jumlah 8.163 KPM dan Kamis (18/1/2018) giliran Kabupaten Katingan 4.961 KPM dan Kota Palangka Raya 5.313 KPM.

Erni memastikan Bansos Rastra yang diterima masyarakat kurang mampu dijamin layak konsumsi, karena beras yang dibagikan berkualitas medium. (MC. Isen Mulang/foto: protkom/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan