Walikota Palangka Raya Lantik untuk Pertama kali Jabatan Fungsional Peneliti

MEDIA CENTER, Palangka Raya -Kabar gembira untuk Pemerintah Kota Palangka Raya khususnya Badan Penelitian dan Pengembangan Kota  Palangka Raya, karena  baru memiliki satu orang tenaga fungsional peneliti,  yakni PAJAR YANTO, S.E.  

Berdasarkan Keputusan Walikota Palangka Raya nomor  : 1474/820.Mut.BKPP/ XII/2017 tentang pengangkatan dalam jabatan Fungsional Peneliti Pertama. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji  Fungsional Peneliti dilakukan oleh Walikota Palangka Raya Riban Satia, Sabtu (27/01/2018) di rumah jabatan walikota Palangka Raya.  

Acara pelantikan di hadiri oleh Sekda Kota Palangka Raya, beberapa kepala SOPD dan pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya. 

Seusai pelantikan,  tim Media Center  Isen  Mulang Palangka Raya melakukan wawancara dengan  Pajar dan beliau menjelaskan untuk menduduki jabatan fungsional peneliti harus memenuhi kualifikasi dan persyaratan yang di tentukan, guna menjamin kualitas profesionalisme Jabatan Fungsional Peneliti  (JFP).

Berdasarkan peraturan kepala  lembaga ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI)  nomor 4 tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Peneliti Berjenjang,  bahwa LIPI berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan JFP Tingkat Pertama selama 21 hari yang bertujuan membahas kompetensi di bidang penelitian yang berkaitan dengan kompetensi teknis penelitian dasar, manajemen penelitian, sosial kultural dalam kegiatan penelitian,  kepribadian dan pengembangan diri peneliti.

Pajar menuturkan setelah dirinya dilantik langkah selanjutnya akan membangun budaya sehat tentang penelitian dan pengembangan dengan merubah paradigma stakeholders untuk memposisikan Balitbang Kota Palangka Raya sebagai penjuru/center sekaligus dasar proses dalam upaya merumuskan dan menghasilkan produk kebijakan Pemerintah Kota Palangka Raya,  terutama dalam bidang Penelitian dan Pengembangan yang inovatif, strategis dan aktual yang mampu menjawab persoalan dan kebutuhan Pemerintah Kota Palangka  Raya yang bermanfaat untuk masyarakat. 

Selanjutnya Pajar berharap untuk ke depan dengan hadirnya saya sebagai perintis Peneliti Pertama di Kota Palangka Raya khususnya, Kalimantan Tengah pada umumnya, agar dapat mengikuti jejak kita berkiprah menjadi seorang peneliti, karena saya yakin dan percaya ada banyak teman-teman ASN di luar sana mempunyai bakat tapi masih terpendam. (MC. Isen Mulang/tina/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan