Walikota Palangka Raya Ingin Kolaborasi Bangun Jembatan di Sungai Rungan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya HM Riban Satia menginginkan adanya kolaborasi pembangunan jembatan di wilayah sungai Rungan Kecamatan Rakumpit Kota Palangka Raya. Perlunya jembatan penghubung di sungai tersebut tidak lain, agar tidak ada lagi wilayah atau daerah di Kota Palangka Raya yang terisolir, akibat akses infrastruktur yang belum terbangun.

“Pemko sudah mengusulkan terkait hal itu  dengan ada beberapa alternatif, seperti menggunakan APBD  maupun APBN,” katanya, Kamis (29/3/2018) yang lalu.

Menurut Riban,  pentingnya jembatan penghubung di sungai Rungan tersebut adalah guna menghubungkan dua kelurahan, yaitu Kelurahan Kanarakan yang berada di seberang kanan Sungai Rungan dan  Kelurahan Mungku Baru yang berada di posisi bawah daerah Kelurahan Kanarakan. 

Selama ini kedua kelurahan itu terhalang oleh sungai Rungan yang cukup luas. Sementara mau tidak mau alat penghubungnya adalah jalur sungai itu saja, sehingga berdampak pada pelayanan publik yang tidak begitu optimal.

Walikota Palangka Raya dua periode ini berharap, agar usulan yang telah diajukan dapat terealisasi tahun ini oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. “Ya, perlu kolaborasi dalam membentuk satuan kerja teknis (Satkernis) untuk pembangunan jembatan tersebut,”cetusnya lagi.

Ditambahkannya, pada saat musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di tingkat Provinsi  Kalteng nantinya, pihak pemko akan mengusulkan kembali  perlunya pembangunan jembatan di sungai Rungan, dengan menyampaikan segala aspek dan kondisinya selama ini.

“Wilayah sungai Rungan, potensinya sangat besar. Palangka Raya bisa saja bangga  karena ada beberapa sungai besar penyokong dalam berbagai aspek yang menguntungkan. Sebut saja dari sisi sektor perikanan dan pariwisata,”pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan