Walikota Palangka Raya Ikuti Pembekalan Kepemimpinan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin mengikuti pembekalan kepemimpinan dalam negeri bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah serta ketua DPRD kabupaten/kota tahun 2018. 

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan pemerintahan dalam negeri, sekaligus untuk menyinkronkan hubungan antara DPRD dan pemerintah daerah serta pemerintah pusat, dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam  Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, dari tanggal 12-14 November 2018 di Kalibata,  Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan itu Walikota Palangka Raya menjadi satu-satunya kepala daerah di Kalimantan yang menerima langsung sertifikat penghargaan dari Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, terlebih diikuti 92 kepala daerah (KDH) dan wakil KDH dari seluruh Indonesia,”ujarnya dalam pesan WhatsApp group Media Pemko Palangka Raya, Senin (12/11/2018).

Kata Fairid, dari arahannya Mendagri jelas menekankan beberapa hal, seperti sinergisasi tata kelola pemerintah pusat dan daerah serta efektivitas dalam perencanaan anggaran daerah.

“Sinergisasi tata kelola pemerintah, baik antar pemerintah kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi maupun dengan pemerintah pusat yang harus senantiasa dibangun itu pesan Pak Tjahjo,” ujarnya.

Disampaikan Fairid, pelaksanaana orientasi kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah (OKPPD) yang dilakukan pihak kemendagri adalah sebagai wadah pembekalan bagi kepala daerah. Karenanya, orientasi ini diharapkan bisa memberikan pemahaman akan filosofi kepemimpinan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Walikota, wakil walikota, bupati dan wakil bupati diharap dapat mengerti dan paham atas kondisi aktual yang dihadapi daerah, khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,” tuturnya.

Fairid menekankan pembekalan ini sangat penting untuk memahami filosofi kepemimpinan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sehingga kebijakan yang selalu dihasilkan adalah yang pro rakyat dan tetap selaras dengan pemerintah pusat. “Saya siap dan semoga Palangka Raya semakin lebih baik,” tulisnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan